5 Pesan Kesalahan HTTP yang Paling Umum

Saat Anda mengunjungi suatu halaman web, kadang-kadang kita bertemu dengan pesan kesalahan HTTP. Pesan itu muncul karena ada kesalahan pada server web.

Namun pada beberapa kasus pesan itu bisa saja muncul karena kesalahan yang kita buat, tetapi pada umumnya pesan itu muncul karena terjadi kesalahan pada situs.

Setiap jenis kode kesalahan HTTP memiliki maksud tertentu yang digunakan untuk mengidentifikasi bagian yang mengalami kesalahan pada situs yang bersangkutan.

Dibawah ini akan diurutkan 5 pesan kesalahan HTTP yang paling umum menurut Google :

5. HTTP Error 401 (Unauthorized)
Kesalahan ini terjadi bila pengunjung situs web mencoba untuk mengakses sebuah halaman web yang dibatasi (restricted) tapi tidak sah (unauthorized) untuk diakses. Pesan error 401 biasanya terjadi karena usaha login yang gagal. 

4. HTTP Error 400 (Bad Request)
Pesan kesalahan ini di sampaikan oleh server web untuk menginformasikan bahwa aplikasi yang kita gunakan (misalnya web browser) tidak mampu mengakses atau menjangkau halaman dengan baik, atau karena permintaan mengalami hambatan diperjalanan. 

 3. HTTP Error 403 (Forbidden)
Kesalahan ini mirip dengan HTTP Error 401, tapi perhatikan perbedaan antara yang tidak sah (unauthorized) dan di larang (forbidden). Dalam hal ini mungkin saja kita diberi kesempatan dan berhasil login kedalam situs yang bersangkutan. Pesan error 403 dapat terjadi misalnya jika ktia mencoba untuk mengakses sebuah direktori (terlarang) di situs web tersebut. 

2. HTTP Error 404 (Not Found) 
Kebanyakan orang mengenali pesan error yang satu ini. Sebuah pesan error 404 terjadi ketika kita mencoba untuk mengakses sumber daya pada web server (biasanya halaman web) yang tidak tersedia. Hal ini terjadi misalnya karena link rusak, kesalahan pengetikan URL, atau webmaster telah memindahkan halaman yang sedang diakses ke tempat lain (atau justru halaman yang di maksud di hapus). Untuk memperbaiki penampilan pesan kesalahan 404, beberapa website membuat halaman kustom. 

1. HTTP Error 500 (Internal Server Error) 
Deskripsi dari pesan kesalahan ini telah banyak diceritakan. Ini adalah pesan kesalahan umum ketika web server menemukan beberapa kesalahan internal. Sebagai contoh, server web kelebihan beban sehingga tidak dapat menangani permintaan dengan baik.

Statistik kesalahan HTTP menurut Google
Jika dilihat dari statistik pencarian Google, pesan kesalahan HTTP Error 500 paling banyak ditemukan dan menunjukan 2 kali lebih banyak dari pada pesan kesalahan 404.

Kategori : .

Leave a Reply

Web Depot ID © 2012-2013