10 Karakteristik Desain Blog yang Baik



Ada banyak sumber yang tersedia untuk desainer untuk mencari inspirasi dari desain blog berkualitas tinggi, tetapi juga penting untuk memahami secara spesifik apa yang akan mempengaruhi dan menentukan keberhasilan sebuah desain blog.

Pada artikel ini Web Depot ID akan membahas 10 karakteristik blog yang baik :

1. Mudah Dibaca
  • Padding - pembatas yang memisahkan konten tulisan dapat membantu pembaca untuk secara visual memfokuskan konten serta memisahkan konten dan di atasnya tanpa gangguan.
  • Paragraf pendek - Paragraf panjang di layar bisa sulit dan menakutkan bagi pembaca. Paragraf pendek sering menarik pembaca dalam karena mereka dapat menjadi pembaca cepat.
  • Daftar - Gunakan daftar (bullet) jika diperlukan. Dengan menggunakan format paragraf secara eksklusif, daftar membantu untuk memecah monoton teks dan memungkinkan untuk pemindaian lebih mudah. Poin juga akan lebih menarik perhatian pembaca.
  • Bold Teks - Memiliki layar penuh teks tentu saja berat dan ukuran yang sama membuat lebih sulit bagi pembaca untuk cepat melihat apa yang penting. Banyak pengunjung blog tidak akan membaca posting kata demi kata, jadi pilihan Anda untuk membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk memindai atau melihat mereka pergi.
  • Line Spacing - Khusus untuk blog yang penerbit, posting yang lebih rinci, penting untuk memiliki ruang yang cukup antara baris teks. Tanpa spasi antar baris menyebabkan teks akan penuh sesak.
  • Sub Headers - Posting blog dapat dipecah oleh sub header (biasanya h3 h4 atau tag). Ketika merancang dan styling tema, sub header ini harus diberikan banyak perhatian. Karena mereka akan membantu agar mudah dibaca, scanning, dan mereka akan membantu penulis untuk membuat poin yang jelas.

2. Sidebar yang penting
Beberapa elemen umum di sidebar blog meliputi:
  • Posting populer
  • Posting terbaru
  • Blogroll / daftar teman
  • Iklan
  • Kategori
  • Arsip
  • Link ke RSS feed
  • Komentar terbaru
  • Promosi produk / jasa

3. Unik
Dengan jutaan blog dan ribuan tema blog yang berbeda di luar sana, desain blog yang bagus akan berdiri keluar dari semua tema gratis dan desain yang sama. Desainer dapat mengambil sejumlah pendekatan yang berbeda untuk mencapai tujuan ini, tetapi bagian penting adalah bahwa desain tidak hanya akan menjadi kenangan, tetapi juga harus sesuai dengan pesan dan tujuan blog.

4. Desain Komentar
Area komentar sering merupakan prioritas terakhir untuk desainer, tapi area komentar yang dirancang dengan baik dapat memberikan blog nuansa yang sama sekali berbeda untuk para pembaca. Desainer memiliki pilihan termasuk avatar untuk komentar, styling komentar, menggunakan gelembung pidato dan lainnya.

5. Integrasi Iklan
Kebanyakan blog hari ini  menggunakan iklan dari beberapa macam untuk menguangkan situs. Hal ini dapat mencakup AdSense, iklan afiliasi, atau iklan banner langsung. Sementara iklan adalah kebutuhan dalam banyak kasus untuk menjaga blog tetap berjalan, mereka juga dapat memiliki efek buruk pada desain dan pengalaman pengguna jika mereka tidak diterapkan dengan benar ke dalam desain.

Beberapa blogger dan desainer memilih untuk menempatkan iklan di lokasi yang akan menarik banyak perhatian, seperti dalam konteks tulisan blog. Meskipun hal ini mungkin membantu untuk menghasilkan pendapatan iklan yang lebih, itu akan mengurangi keseluruhan tampilan blog. Ini adalah keputusan yang perlu dibuat oleh pemilik blog, tapi dari sudut pandang desainer, yang terbaik adalah menjaga agar iklan di tempat yang secara khusus ditujukan untuk iklan.

6. Navigasi yang efektif
Navigasi adalah salah satu faktor paling signifikan dalam menentukan pengalaman pengguna di situs. Tidak ada yang lebih frustasi daripada tidak bisa menemukan apa yang Anda cari, dan pengunjung pasti akan pergi jika hal ini terjadi pada mereka.

Mengembangkan dan memelihara navigasi yang efektif merupakan tantangan bagi desainer blog, karena konten akan terus terus bertambah, sehingga lebih mudah untuk posting untuk terkubur dalam arsip. Ada beberapa langkah desainer dapat dilakukan untuk meningkatkan navigasi.
  • Harus ada menu navigasi utama yang membawa pengunjung ke setiap halaman utama pada situs (seperti Tentang atau Kontak).
  • Sidebar harus digunakan untuk menyenggol pembaca terhadap konten yang paling penting di blog. Tulisan populer adalah cara yang umum melakukan hal ini.
  • Sidebar juga harus mencakup beberapa elemen navigasi standar blog seperti link kategori atau link ke halaman arsip.
  • Bagian bawah area posting dapat digunakan untuk menyertakan link ke posting terkait, atau ini dapat dilakukan secara manual oleh blogger bila dikehendaki pada posting tertentu.
7. Gambar atau foto
Bagian dari usaha seorang blogger agar posting dibaca dan kelihatan menarik adalah dengan gambar. Tentu saja, penggunaan gambar berada di luar kendali desainer blog, tapi perancang dapat berdampak pada aspek ini dengan memasukkan gaya untuk foto post. Gambar bisa jauh lebih efektif dan menarik bila ditata dengan CSS untuk memberikan sentuhan lebih bagus.

Desainer mungkin ingin memberikan kelas yang berbeda untuk gambar, seperti penggunaan batas dan padding yang umum, kadang-kadang bersama dengan warna latar belakang.

8. Desain footer
Ketika merancang blog, atau situs, footer adalah salah satu daerah dari desain yang biasanya mendapat perhatian yang sangat sedikit. Kebanyakan mengenai hak cipta, link ke homepage, dan mungkin beberapa link lainnya. Sementara banyak pengunjung tidak akan gulir ke bawah untuk bahkan melihat footer, mereka yang akan dapat manfaat dari footer dirancang dengan baik.

Apa yang harus terdapat pada footer? Tidak ada yang absolut, namun secara umum, beberapa blog menggunakan mereka dasarnya sebagai perpanjangan sidebar, seperti entri terbaru ke Twitter. Selain itu, beberapa link blog untuk posting populer, komentar terakhir dan bahkan blog dari teman-teman.

9. Skema warna
Warna, tentu saja, salah satu faktor paling signifikan dalam setiap jenis desain. Menemukan skema warna yang tepat untuk tema blog adalah sesuatu yang biasanya tidak terjadi secara instan, tetapi mendapatkan warna yang tepat sangat penting. Warna kadang-kadang akan membuat tampilan menarik atau dapat menghancurkan desain.

Untungnya, ada banyak alat dan sumber daya untuk menemukan skema warna. Skema warna dari sebuah blog akan memainkan peran cukup besar dalam branding blog, dan dengan demikian sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang dari blog. Beberapa blog menggunakan skema warna cerah dan bersemangat, sementara yang lain menggunakan warna yang lebih sedikit, atau skema monokromatik.

10. Icon
Icon dapat digunakan untuk memperbaiki tampilan situs dan untuk meningkatkan kegunaan pada saat yang sama. Inti dari icon adalah untuk menyajikan pesan kepada pengunjung tanpa menggunakan teks apapun. 

Misalnya, icon dari rumah umumnya adalah untuk link ke homepage tanpa mengatakan demikian, dan gelembung pidato sering digunakan untuk mewakili komentar blog.

Desainer dapat merancang ikon mereka sendiri, atau menggunakan sejumlah kumpulan ikon gratis yang tersedia.

Kategori : , .

Leave a Reply

Web Depot ID © 2012-2013